Rabu, 26 November 2008

"Kerja dimana sekarang, Fir?"

Setiap kali ptanyaan itu nyangkut d telingaku, aku hanya bisa menghela nafas panjang sambil menjawab "belom dmana2". Ada perasaan malu, sedih, dan juga kecewa mnyertai jawabanku itu. Yaa..gmana nggak, dah hampir 3 bulan lebih aku ganti status sebagai pengangguran setelah aku dinyatakan lulus sidang skripsi. Awalnya, aku kesulitan menghadapi kenyataan dengan status baruku dan terus2an merasa tak berguna bagi ayah ibuku, ahh..ternyata bener apa yg dibilang orang2 klo cari kerja tu susah..tapi, kemudian aku tersadar akan kata-kata seorang sahabat "syukuri apapun yang terjadi dalam hidupmu,dan yakin bahwa apapun yg menimpamu adalah yang terbaik yang dipilihkan Tuhan untukmu"..

Wow..kata2 inilah yang menjadi penyuntik semangatku untuk terus bergerak maju. Perlahan, aku mulai menerapkan kata "bersyukur" di setiap hari-hari yang kujalani. Aku mulai melihat kenyataan dari sisi yang berbeda, mencoba menikmati segalanya sekalipun itu pahit. Di setiap kegagalan yang aku alami, aku mencoba bersyukur dan merenung, tapi tidak untuk diratapi. Hasil perenunganku berbahan dasar rasa syukur ternyata memformulasikan satu pikiran yg baru,"kegagalan itu emang ga ada yang enak, semuanya terasa sangat pahit, tapi justru ia adalah guru terbaik yang akan mengantarkan kita pada keberhasilan", karena gagal, aku jd tau kelemahanku, dan dari situlah aku belajar memperbaiki diri.

Ternyata, being jobless ga selamanya buruk koq asal bisa disikapi dengan bijaksana.Betapa bodohnya jika aku terus mengeluh dan tidak menerima kenyataan, betapa sombongnya jika aku menyalahkan Tuhan karena apa?karena Dia sudah memberikan segala hal tanpa diminta skalipun. Aku masih bisa bernafas sampai detik ini saja sudah anugerah yang luar biasa. Dan betapa dungunya jika aku merasa tak berguna karena jika memang aku sudah tak berguna, Tuhan pasti sudah mencabut nyawaku..kenyataannya,kini aku masih hidup dan kehidupan itulah yang dapat ku gunakan sebaik mungkin. Menjadi berguna kan tak harus bekerja di kantor,jadi karyawan,dan menghasilkan materi. Kalo dipikir2, dengan aku menyediakan makanan untuk kucing2ku saja setiap harinya,aku sudah menjadi berguna karena aku membantu agar mereka tak kelaparan..y kan?(",)

Hmm..untuk Tyas yang td curhat, Feli, Yesy, Cici, Puput, dan teman2ku yang mengalami hal serupa..tnang,u're not alone..harus slalu bersyukur karena di negeri ini msh banyak yang hidupny jauh lebih parah dri kita..yakin aja keadaan saat ini adalah baik menurutNya dan pastinya g akan abadi..Dia tau kapan saat yang tepat untuk memberikan apa yang kita minta..jangan mau nyerah ma keadaan, slalu berdoa dan tetep berusaha..toh,badai juga pasti berlalu kaan??(dee..lagu Chrisye kalee..hehehe..)

Tidak ada komentar: